Kamis, 29 Mei 2014

Sering Mengulang-ngulang Wudu' dan Sholat

Sering Mengulang-ngulang Wudu' dan Sholat
Assalamualaikum Wr Wb
Saya pernah mendengar ceramah ustad bahwa saya tidak diterima sholat seseorang pabila wudu nya tidak benar dan karena itu saya sering berusaha wudu yang benar dan takut sesuatu yang membatalkan wudu...akhir-akhir ini saya sering sekali merasa akan kentut setiap sedang wudu, bahkan rasaya bergemuruh di perut setiap saya wudu, makanya saya selalu mengulang wudu saya sehingga saya kl wudu lama sekali karena selalu terasa batal dan mengulangnya lagi...perasaan takut kentut itu berdampak diluar sadar saya seperti ada kontrol otak memerintahkan saya kentut bahkan ketika yakin sudah sah pun di saat sholat rasanya takut-takut kentut dan itu menghantui...sehingga selalu sering saja seperti ada gemuruh di perut dan di sekitar dubur tapi saya ragu itu kentut atau refleksi otot atau apa saya jg ga tau, tapi karena saya ragu saya sering membatalkan sholat saya dan dikala sholat berjamaah saya merasa seperti itu tapi tidak bisa kemana-mana sehingga saya tetap mengikuti imam sholat tapi selesai sholat berjamaah karena saya takut sholat saya tidak sah karena kentut maka saya mengulang sholat saya, ini hampir selalu terjadi dalam sholat 5 waktu dan sholat-sholat sunah stad...mohon penjelasannya stad saya takut yang saya lakukan selama ini salah...sebab hal ini sudah berlangsung lama
Wassalamu'alaikum
Assalamu alaikum wr.wb.
Wudhu memang merupakan syarat sah shalat. Sementara buang angin merupakan salah satu faktor yang membatalkan wudhu. Karena itu jika seseorang buang angin di saat telah berwudhu maka ia harus memperbaharui wudhunya jika ingin menunaikan shalat.
Keluarnya angin yang membatalkan wudhu ditandai dengan adanya bau dan suara. Namun jika baru berupa perasaan ia hanya merupakan waswas atau bisikan yang berasal dari setan. Dalam kondisi demikian ia tidak perlu mendengarkan suara perasaannya yang berasal dari bisikan setan. Yang penting bagaimana berwudhu dengan benar lalu melaksanakan shalat sesuai tuntunan Nabi. Kalau itu sudah dilakukan, maka shalatnya tak perlu diulang.
Salah satu cara untuk menghindarkan diri dari bisikan setan adalah membaca ta'awwudz dan memfokuskan pikiran pada bacaan dan gerakan shalat.
Wallahu a'lam bish-shawab.
Wassalamu alaikum wr.wb.

1 komentar: